Header Ads

test

Final Fantasy III


Developer/Publisher : Squaresoft/ Square-Enix
Platform : Nintendo Entertainment System (NES), Nintendo Dual Screen (NDS)
Tanggal Rilis : NES: 27 April 1990 (JPN), NDS: 24 Agustus 2006 (JPN), 14 November 2006 (US)
Genre : RPG (Role-Playing Game)
Media : Cartridge (1)
Art Designer : Yoshitaka Amano (NES), Akihiko Yoshida (NDS)

Final Fantasy III pertama kali dirilis pada tanggal 27 April 1990 di Jepang untuk console NES. Sampai dengan tahun 2006, Final Fantasy III tidak pernah dirilis di Amerika secara resmi. Yang ada di Amerika adalah FFIII yang sebenarnya adalah FFVI, hal ini tentu membuat bingung para gamer di Amerika, karena setelah FFIII serial FF di Amerika langsung loncat ke FFVII. Pada tahun 2006, akhirnya Square-Enix merilis remake FFIII resmi yang berbahasa Inggris untuk daratan Eropa dan Amerika, dengan perombakan grafis (dari 2D menjadi 3D) dan pemberian identitas pada karakter. Sebenarnya Square juga sempat memiliki ide untuk merilis game ini untuk Wonderswan Color, namun tidak pernah jelas kepastiannya, hingga akhirnya handheld Wonderswan Color dinyatakan “mati” dan proyek FF3 untuk WSC pun ikut “mati”.

Berbeda dengan FFII yang sudah memiliki karakter dengan identitas yang jelas, FFIII kembali ke konsep awal berupa 4 ksatria tanpa nama yang menggunakan kekuatan kristal untuk menyelamatkan dunia. Untuk versi remake pada NDS, keempat ksatria ini diberikan nama dan latar belakang mereka. Hal ini tentu membuat cerita pada versi NDS lebih sedikit terlihat berkembang.

KARAKTER

NES:
4 Onion Kids

NDS:
Luneth – Anak panti asuhan yang diasuh oleh Topapa dan Nina.
Arc – Teman Luneth yang sama-sama diasuh oleh Topapa dan Nina.
Refia – Anak seorang blacksmith bernama Takka yang melarikan diri dari ayahnya.
Ingus – Seorang prajurit kerajaan Sasune.

GAMEPLAY

FFIII kembali menggunakan sistem job. Namun berbeda dengan sistem job pada FF, FFIII menawarkan pilihan job yang beragam yang bisa berubah-ubah di tengah petualangan. Untuk versi NDS, ditambahkan dua job baru yaitu Freelancer dan Dark Knight, namun job Magic Knight yang sempat ada di versi NES ditiadakan untuk versi NDS. Perubahan dan pergeseran status beberapa job juga dilakukan pada versi NDS, seperti job dasar yang sebenarnya Onion Knight menjadi Freelancer, sedangkan job Onion Knight dijadikan job rahasia yang berpotensi menjadi job terkuat (apabila mencapai level 99). Job Ninja dan Sage mengalami penurunan status karena dianggap terlalu kuat pada versi NES.

Dalam battle, FFIII masih menggunakan sistem yang sama dengan FFII dan belum mengenal sistem RTB (Real Time Battle). FFIII juga merupakan FF yang pertama kali memiliki command yang bermacam-macam, seperti Steal yang digunakan untuk mencuri item dari lawan, Jump, Souleater, Advance, dsb. Dan masih sama dengan kedua seri sebelumnya, magic bisa diperoleh di toko dengan sejumlah gil. Selain itu, Square pertama kali memperkenalkan Chocobo dan Moogle sebagai maskot FF melalui serial ketiga ini.

STORY

FFIII menceritakan mengenai Xande yang ingin membawa dunia kedalam kegelapan dengan memanggil Cloud of Darkness. Hadirlah empat ksatria, dengan kekuatan kristal untuk menyelamatkan dunia.

NDS Edisi FFIII

Pada hari yang sama dengan perilisan FFIII, Square-Enix merilis edisi special Crystal White NDS Lite.

Team
Producer : Tomoya Asano
Illustrations : Yoshitaka Amano
Music : Nobuo Uematsu
Character Design : Akihiko Ysidida
Art Director : Ryosuke Aiba


 

Tidak ada komentar