Home » » Valkyrie Profile The Hidden Game

Valkyrie Profile The Hidden Game


Valkyrie Profile merupakan salah satu RPG masterpiece tersohor karya developer Tri-Ace dan Enix yang juga pernah meraih sukses dalam serial Star Ocean dan Dragon Quest-nya. Game ini pertama kali dirilis pada tahun 1999 untuk console PlayStation. Berbeda dengan game-game RPG sebelumnya yang kental akan nuansa fantasi, game ini lebih banyak mengambil referensi dari mitologi Viking (Skandinavia) mengenai dewi bernama Valkyrie yang bertugas mengumpulkan jiwa para pahlawan yang tewas di medan perang. Uniknya lagi, game ini berani tampil dengan format grafis 2D. Padahal saat itu game ini harus bersaing dengan RPG lain yang sudah menggunakan teknologi 3D seperti Final Fantasy.


Nasib game Valkyrie Profile bisa dibilang ironis, seperti halnya lukisan antik. Banyak gamer RPG yang kurang meminati judul ini ketika awal perilisannya. Maklum selain formatnya masih 2D, game ini juga memiliki prolog yang terlalu panjang dan tidak dapat di-skip, sehingga dijauhi oleh gamer yang anti cerita bertele-tele. Namun setelah mendapat penilaian bagus di berbagai media karena battle system-nya yang adiktif, game ini menjadi salah satu Most Wanted RPG sepanjang tahun 2000-2004. Bahkan di situs jual-beli internasional e-bay, game ini dijual dengan harga dua sampai tiga kali lipat dari harga aslinya. Demi memenuhi permintaan penggemarnya, Enix (yang suda bergabung dengan Square saat itu) pun akhirnya memutuskan untuk me-remake game ini ke format PSP pada tahun 2005 dengan judul Valkyrie Profile: Lenneth.

Story
Inti dari game ini berpusat pada sosok dewi Valkyrie bernama Lenneth. Ia ditugaskan oleh Odin (dewa tertinggi bangsa Viking) untuk mengumpulkan jiwa para pahlawan yang tewas di medan perang (Einherjar). Tujuan utama Valkyrie merekut dan melatih jiwa tersebut adalah demi membawa mereka berperang bersama sang Odin untuk membela tanah Valhalla (surga) dalam perang besar antara dewa dan iblis yang disebut sebagai Ragnarok. Untuk itulah, Valkyrie harus berpacu dengan waktu dan mengumpulkan jiwa para pahlawan yang sesuai dengan keinginan Odin sebelum perang Ragnarok tiba.

Cerita dalam game ini sendiri banyak dihiasi oleh kisah tragis para ksatria di medan perang. Mulai dari kisah kesetiaan seorang pahlawan yang diperalat oleh oknum kerajaan, sampai romantisme cinta antara dua insan ditengah konflik peperangan. Lenneth Valkyrie sendiri memiliki sebuah kisah masa lalu yang pilu, dimana seiring dengan permainan, cerita mengenai latar belakang Valkyrie pun terkuak menjelang klimaks permainan. Agar tidak membosankan, game ini juga memiliki 3 ending yang berbeda, dimana semuanya ditentukan oleh apa yang dilakukan Valkyrie di sepanjang permainan.

Game Play
Sistem permainan dalam Valkyrie Profile bisa dibilang sangat unik. Tidak seperti RPG lain yang baru bisa terbang setelah memperoleh pesawat atau semacamnya, dalam game ini pemain sudah dibekali kemampuan terbang sejak awal permainan (bisa dimaklumi karena Valkyrie memang merupakan seorang dewi). Ia juga memiliki kemampuan khusus bernama Soul Concentration untuk mendengar suara-suara jeritan roh di penjuru dunia. Apabila yang terdengar adalah jeritan hati manusia menjelang kematiannya, maka Valkyrie bertugas menjemput jiwa orang itu dan merekrutnya dalam kelompok. Namun jika yang terdengar adalah suara roh jahat, maka sudah kewajiban Valkyrie untuk turun ke dunia dan "membersihkan" roh jahat tersebut. Valkyrie juga bisa turun ke kota-kota dan menyamar sebagai manusia untuk menyelidiki apa yang terjadi di dunia, atau mencari item khusus bagi para Einherjar-nya.

Elemen kedua adalah penjelajahan kota & dungeon. Beberapa gamer RPG mungkin akan sedikit kaget melihat bagaimana Valkyrie menjelajahi area yang ada, karena game ini menggunakan style platform adventure. Dengan kata lain, Valkyrie akan berpetualang dalam dunia 2D seperti halnya game Megaman atau Castlevania. Ia juga bisa melompat, memanjat tangga, menebaskan pedang, bahkan melakukan sliding dan menembakkan es. Namun apabila Valkyrie bertemu dengan musuh, maka layar pun berubah menjadi Battle Screen.

Battle dalam Valkyrie Profile sendiri dikemas secara unik, dengan metode direct attack mirip seperti game fighting. Tiap karakter dalam party akan diwakili oleh tombol Kotak, Segitiga, X, dan O. Dengan keempat tombol ini, pemain bisa menciptakan berbagai macam kombinasi serangan dari empat karakter sekaligus dalam satu giliran. Dengan kata lain, tidak ada urutan giliran antar anggota kelompok disini, karena semua karakter bisa maju sekaligus menghajar musuh dalam satu tempo. Apabila pemain berhasil menciptakan combo hingga gauge meter penuh, maka ia akan memperoleh bonus untuk mengeluarkan jurus special bernama Purify Weird Soul. Sistem battle inilah yang menjadi daya tarik VP dan membuat game ini disukai oleh banyak orang.

Graphic
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Valkyrie Profile adalah salah satu game RPG era Playstation yang masih tetap bertahan menggunakan style 2D. Kendati demikian, animasi sprite para tokohnya dirancang dengan kualitas tinggi hingga gerakannya tampak halus saat bergerak. Game ini sendiri sebenarnya tidak murni 2D, karena masih menggunakan juga beberapa efek 3D, seperti ketika terbang di world map. Pembuatan background-nya sendiri menggunakan render CG yang indah sehingga penggambaran lingkungannya tampak nyata. Sementara untuk urusan design karakter, diserahkan pada si kembar Kou & You Yoshinari yang dengan piawai melukiskan sosok para karakter lewat style ala lukisan eropa.

Sebagai pelengkap, game ini juga menyertakan FMV yang tersebar di beberapa bagian. Tak tanggung-tanggung, animasi untuk opening dan ending game ini dibuat oleh production I.G yang sudah piawai dalam membuat anime terkenal. Game ini bahkan memanfaatkan teknologi FMV untuk mengilustrasikan serangan mantra para mage ketika battle, sehingga serangan magic jadi terlihat dramatis. Untuk remake PSP, Enix juga banyak menambahkan animasi baru, dimana kali ini FMV-nya benar-benar menjadi full-rendered CG.

Music & Sound
Lagu-lagu dalam Valkyrie Profile digarap dengan apik oleh komposer Motoi Sakuraba. Beliau memang sudah cukup berpengalaman dalam menangani musik game, seperti di serial Tales, Star Ocean, Beyond the Beyond, Baten Kaitos, Radiata Stories, dan masih banyak lagi. Ciri khasnya adalah musik heroik dengan suara orgel dan drum yang menghentak-hentak layaknya perpaduan antara orkestra dan rock. Bisa dimaklumi, Motoi Sakuraba dulunya tergabung dalam grup musik beraliran progresif rock. Sebagai bentuk apresiasinya pada musik, Sakuraba juga selalu menyertakan opsi sound test dengan equalizer yang lengkap pada tiap game garapannya, termasuk dalam game Valkyrie Profile ini.


Untuk urusan voice, game ini memiliki segudang pengisi suara bagi masing-masing karakter. Valkyrie Profile juga memiliki opsi bernama Voice Collection, dimana kita bisa mengkoleksi semua kalimat yang diucapkan oleh tiap karakter dalam battle. Jika semua suara sudah berhasil terkumpul maka kita bisa memperoleh ilustrasi spesial dari tiap karakter tersebut. Sayangnya, sulih suara untuk versi amerika-nya bisa dibilang agak buruk sehingga ada beberapa suara karakter yang kurang enak didengar. Namun kualitasnya masih lebih baik daripada translasi Star Ocean 2 yang juga didubbing ulang beberapa tahun sebelumnya.

Trivia
Secara garis besar, Valkyrie Profile adalah masterpiece dari Square-Enix yang tidak boleh dilewatkan. Game ini memperoleh resensi yang bagus, termasuk di website Game Rankings dengan nilai 81/100 dan GameFAQS dengan nilai 9 dan 10 berturut-turut. Majalah game Famitsu yang terkenal di Jepang pun memasukkan game ini pada peringkat ke-27 dari 100 game terbaik sepanjang masa. Banyak gamer yang menggolongkan Valkyrie Profile dalam kategori Hidden Gems (game terbaik yang jarang diketahui orang). Selain di-remake ke versi PSP, game ini juga mendapatkan sekuelnya di PlayStation2 dengan judul Valkyrie Profile 2: Silmeria.

(Sumber: Final Fantasy Crystalesia)


Share this article :

4 komentar:

  1. apakah game ini bisa di install di PC

    BalasHapus
  2. Keren nih game, awal main pas liat prolognya aja udah ngena banget, dari segi cerita sejauh ini okelah *baru sampe chapter 3*, musik good kaya seri2 final fantasy yang bikin selalu terngiang2 di kepala, tapi puzzlenya kadang ngeselin, sekarang lagi stuck di dungeon yang harus pake bebauan tertentu buat ngilangin batang yang ngalangin jalan trus dungeon labirin yang kata naik tangga itu, ga ada indikasi tujuan harus di tuju, jadi bingung mau ke arah mana, belum lagi kalo jatuh dari tangga miring yaudah stuck di situ ga bisa naik *kan kamfret* jadi ya harus rajin2 ngesave :v

    BalasHapus
  3. game romansa paling pilu...

    BalasHapus
  4. lamun d sunda mh carita na mirip2 lutung kasarung, sangkuriang.

    BalasHapus