Header Ads

test

PINDAD Kebanggaan Anak Bangsa


RIWAYAT SINGKAT

PT. PINDAD adalah Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia yang bergerak dalam bidang Produk Militer dan Produk Komersial. Kegiatan PT. PINDAD mencakup desain dan pengembangan, rekayasa, perakitan dan fabrikan serta perawatan.

Berdiri pada tahun 1808 sebagai bengkel peralatan militer di Surabaya dengan nama Artillerie Constructie Winkel (ACW), bengkel ini berkembang menjadi sebuah pabrik dan sesudah mengalami perubahan nama pengelola kemudian dipindahkan lokasinya ke Bandung pada tahun 1923.

Pemerintah Belanda pada tahun 1950 menyerahkan pabrik tersebut kepada Pemerintah Indonesia, kemudian pabrik tersebut diberi nama Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) yang berlokasi di PT. PINDAD sekarang ini.  Sejak saat itu PT. PINDAD berubah menjadi sebuah industri alat peralatan militer yang dikelola oleh Angkatan Darat. PT. PINDAD berubah status menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan nama PT. PINDAD (Persero) pada tanggak 29 April 1983, kemudian pada tahun 1989 perusahaan ini berada dibawah pembinaan Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS) yang kemudian pada tahun 1999 berubah menjadi PT. Pakarya Industri (Persero) dan kemudian berubah lagi namanya menjadi PT. Bahana Pakarya Industri Strategis (Persero).

Tahun 2002 PT. BPIS (Persero) dibubarkan oleh Pemerintah, dan sejak itu PT. PINDAD beralih status menjadi PT. PINDAD (Persero) yang langsung berada dibawah pembinaan Kementerian BUMN.

MISI PERUSAHAAN

Melaksanakan usaha terpadu di bidang peralatan pertahanan dan keamanan serta peralatan industrial untuk mendukung pembangunan nasional dan secara khusus untuk mendukung pertahanan dan keamanan negara

VISI PERUSAHAAN

Menjadi produsen peralatan pertahanan dan keamanan terkemuka di Asia pada tahun 2023 melalui upaya inovasi produk dan kemitraan strategik.

ORGANISASI

Untuk meningkatkan daya saingnya, PT. PINDAD mengembangkan desain organisasi yang fleksibel dan desentralistis sehingga meningkatkan divisi-divisi untuk dapat lebih gesit dalam menjalankan usahanya.

SUMBER DAYA MANUSIA

Sumber daya manusia yang bergabung dengan PT. PINDAD adalah paran tenaga profesional yang memiliki kompetensi khusus di bidang teknologi persenjataan, metalurgi, permesinan dan lain-lain. Kemampuan mereka ditempa oleh pengalaman dan pelatihan khusus.

Pengembangan SDM mengacu kepada manajemen SDM berbasis kompetensi yang mengintegrasikan semua kebijakan dibidang karir, pelatihan, rekruitmen, penilaian /prestasi kerja dan lain sebagainya.

BIDANG USAHA

Kegiatan usaha didalam pembuatan berbagai macam Produk Militer dan Produk Komersial merupakan inti kegiatan perusahaan ini. Pabrik dan perkantoran yang berada di Bandung dan di Turen Malang serta kantor pemasaran di Jakarta, menunjang keberhasialn bisnis kedua kelompok produk diatas.

Kegiatan usaha produk komersial dijalankan oleh empat divisi di Bandung, yaitu: Divisi Mesin Industri dan Jasa yang memproduksi peralatan kapal dan air brake serta mesin industri, Divisi Tempa dan Cor yang memproduksi komponen tempa dan cor. Divisi Kendaraan Khusus yang memproduksi kendaraan-kendaraan fungsi khusus baik untuk keperluan komersial maupun militer, serta Divisi Bahan Peledak Komersial yang memproduksi bahan peledak untuk kepentingan komersial antara lain pertambangan

Divisi Senjata yang bergerak dalam kegiatan pembuatan produk militer berupa berbagai jenis senjata laras panjang dan pendek juga berlokasi di Bandung. Satu diivisi di Turen Malang memproduksi produk militer lainnya yang berupa berbagai jenis munisi dan bahan peledak militer.

JAMINAN KUALITAS

Kualitas produksi maupun jasa yang memenuhi harapan pelanggan akan berpengaruh terhadap suksesnya bisnis perusahaan. Untuk itu PT. PINDAD telah menerapkan sistem manajemen mutu sesuai standar ISO 9001/9002 dan ISO Guide 25.

Dalam menjaga komitmen perusahaan terhadap mutu produk, maka motto " tidak ada kompromi untuk kualitas" mendasari pola pikir dan tindakan seluruh jajaran operasional perusahaan.

Konsistensi komitmen manajemen tersebut selalu dipelihara dengan melakukan peningkatan dan penyesuaian sistem manajemen mutu secara berkesinambungan. Dengan demikian diharapkan produk-produk PT. PINDAD dapat memenuhi kepuasan pelanggan dan dapat membangun kesetiaan pelanggan terhadap produk-produk PT. PINDAD.

PRODUK PT. PINDAD


PT Pindad telah sukses memproduksi berbagai senjata ringan yang sudah digunakan TNI dan Polri, misalnya:
- Senapan serbu SS-1 (kaliber 5,56 mm x 45)
- Pistol P-1 (kaliber 9 mm x 19)
- SBR-1 untuk polisi (7,62 mm x 45)
- Revolver R-1
- R-2 (kaliber .38)
- SPM2
- SS-2 (5,56 mm x 45)
- Pistol P-2 (9 mm x 19)
- Senjata otomatis regu SM3 kaliber 5,56 mm x 45
- Meriam 105 Pindad

Kendaraan militer
- RANTIS APC (KENDARAAN TAKTIS ARMOURED PERSONAL CARRIER)
- 6X6 Pindad (Anoa)
- 6X6 Pindad versi canon (Anoa)

Sukses dengan keberhasilan Panser 6x6 Anoa, akhirnya Pindad berhasil merelease prototype panser taktis varian canon sesuai dengan jadwal. Panser ini merupakan proyek pengembangan panser Pindad sebelumnya. Sistem turet canon panser ini menggunakan CSE-90/MK-III buatan CMI Defense, Belgia. CSE-90 berkaliber 90mm ini juga dilengkapi dengan senapan mesin coaxial 7,62mm. Sedangkan untuk perangkat komunikasi menggunakan Intercom set VHF/FM dengan fasilitas anti-jamming dan berkemampuan hopping channel. Selain itu panser ini juga didukung peralatan pertempuran lainnya, seperti : Night Vision Google (NVG), GPS, dan perangkat sensor senjata.

- Combat VEHICLE
- Water Cannon M1W-40
- Kendaraan RPP-M
- Special function Vehicles

PRODUKSI NON MILITER

Mesin Industri & Jasa
Lini produk Air brake prods
01. Air reservoir
02. Brake cylinder
03. Compressor set
04. Dual chamber air dryer
05. Dummy coupling
06. Isolating cock
07. Distributor valve
08. Operating valve
09. Pipe brake coupling
10. Slack adjuster
11. Peralatan kelautan
12. Naval seat
13. Jasa Steering gears
14. Towing winch Kelautan
15. Tuna long line equipment
16. Crane
17. Dbl drum mooring winch
18. Electric anchor winch

Lainnya:
- Generator alternator (elektronika)
- Vacuum Circuit Breaker (elektronika)
- Laboratorium (Multi-industri)
- Palm Oil Refinery and Mill Plant (multi industri-EPC)
- Motor traksi (Transportasi)
- Perlengkapan rel kereta
- Produk-produk cor
- Produk-produk stamping
- Produk-produk tempa

PENGEMBANGAN BISNIS

Disamping bertujuan untuk memperoleh bisnis baru yang menguntungkan dan kompetitif, pengembangan bisnis pada dasarnya adalah usaha untuk menyempurnakan dan atau memperbaiki bisnis yang ada dengan menggunakan metoda dan teknologi mutakhir, sehingga mendapatkan bisnis yang kompetitif dengan biaya dan kualitas yang sesuai dengan persyaratan pasar.

Mengikuti tuntutan alamiahnya guna dapat bertahan dan terus berkembang didalam kondisi ekonomi yang belum stabil, telah dilakukan upaya reorientasi dan pengembangan usaha agar perusahaan lebih dapat menanggapi dengan baik perubahan lingkungan eksternalnya.

Melanjutkan upaya pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2001 telah diinisiasi usaha-usaha bisnis baru yang ditunjang oleh kompetensi yang sudah dimiliki. Diharapkan usaha-usaha bisnis baru ini akan memberikan kontribusi cukup besar pada perusahaan ditahun yang akan datang.

LINGKUNGAN ALAM

Disaat meningkatkan unjuk-kerja perusahaan, PT. PINDAD juga menyadari untuk tetap selalu mengusahaan agar ramah terhadap lingkungan alam sekitar.

Sekitar 60% dari luas perusahaan selalu dijaga kehijauannya termasuk oleh berbagai pepohonan langka. Sesuatu hal yang sangat menarik adalah selain sebagai lingkungan kerja yang harmonis dengan alam sekitarnya, lingkungan PT. PINDAD juga merupakan tempat hidupnya lebih dari 30 jenis spesies burung.

FAKTA TENTANG PT. PINDAD

PT. PINDAD, bersama dengan PT PAL, PT DI, dan berbagai industri lainnya, telah membawa Indonesia ke peringkat ke-21 produsen senjata terbesar dunia.

PINDAD bersama dengan BPPT sedang mengembangkan model/prototype tank ringan yang sesuai dengan alam Indonesia yang berawa-rawa.

Alamat PT PINDAD

Jl. Jendral Gatot Subroto 517 Bandung 40284 Jawa Barat 
Telp. : 022-7312074 Fax : 022-7310222 
email : info@pindad.com atau humas@pindad.com 
website : www.pindad.com 

Cabang:
Jl. Panglima Sudirman no. 1 Turen Malang Jawa Timur 
Telp. : 0341- 824462 Fax : 0341- 824200 
email : divmu@indo.net.id 

KANTOR PERWAKILAN JAKARTA 
Jl. Batu Ceper No. 28 
Jakarta 10120 Indonesia 
Telp. : 021-3806929, 3802886  Fax : 021-3814039 
email : pindadjkt@pindad.com 
Website : www.pindad.com

(Sumber: www.pindad.com)

1 komentar:

  1. patokan'a tepat'a dimana sih lokasi PT'a!!info'a dunx mw kesana nih

    BalasHapus